GERBANG LOGIKA


Suatu gerbang logika memperlihatkan suatu operasi logika pada satu ataulebih input logika dan menghasilkan suatu logika output tunggal. Suatu logika biasanya memperlihatkan logika Boolean dan yang paling umum ditemukan dalam sirkuit digital. Logika secara elektronis implementasinya tetap menggunakan dioda-dioda atau transistor-transistor, tapi dapat juga dibuat menggunakan electromagnetic relay, fluidic logic, pneumatic logic, optics, molecules, dan sering juga elemen mekanik. (untuk cara-cara lembuatan lihat referensi lain).

Dalam logika elektronika, suatu tingkat logika di representasikan oleh tegangan atau arus, (ini tergantung pada jenis dari logika ekektronik yang digunakan). Setiap gerbang logika membutuhkan tenaga sehingga dapat … dan … arus untuk meningkatkan tegangan output yang sesuai. Dalam diagram sirkuit logika suatu tenaga tidak ditunjukan, tapi dalam suatu skematik elektronik mnyeluruh, koneksi tenaga dibutuhkan.

Kesemua jenis gerbang logika (i.e.,AND, OR, NOT, XOR, XNOR) dapat diciptakan dari suatu jaringan sesuai dari gerbang NAND. Dengan cara yang sama semua gerbang dapat diciptakan dari suatu rangkaian gerbang NOR. Menurut sejarahnya, gerbang NAND lebih mudah pembuatanya ketimbang teknologi MOS maka gerbang NAND adalah pillar logika Boolean yang pertama dalam komputasi elektronika.

Untuk sebuah input dari dua variabel, ada 16 kemungkinan fungsi-fungsi aljabar boolean. 16 fungsi-fungsi ini disebutkan dibawah, beserta dengan output-outputnya untuk setiap kombinasi dari variabel-variabel input.

About these ads